Hari Hutan Sedunia, Jangan Cuma Seremoni

Terlihat dari berita TV nasional dan daerah kegiatan peringatan Hari Hutan Sedunia yang digelar tanggal 21 Maret 2015. Di Jawa Barat sekelompok pelajar melakukan kegiatan di hutan yang masih tersisa. Di Surabaya pegiat lingkungan melakukan kegiatan di hutan mangrove. Di Jakarta justru diperingati dengan demonstrasi. Tapi di Kalimantan Tengah, wilayah yang masih banyak hutannya, justru tidak terdengar gaung kegiatannya.
.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Hutan_Sedunia, Hari Hutan Sedunia diperingati pertama kali pada tanggal 21 Maret 2013 berdasarkan resolusi PBB pada 28 November 2012. Peringatan ini dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 21 Maret untuk saling berbagi mengenai visi misi kehutanan dan kaitannya dengan perubahan iklim di seluruh dunia serta strategi yang harus dilakukan.
.
Setiap tahunnya 13 juta hektare hutan (luas yang kurang lebih sama dengan luas negara Inggris) menghilang dari muka bumi. Bersamaan dengan hilangnya hutan, hilang pula ekosistem yang ada di dalamnya, termasuk spesies tumbuhan dan hewan langka. 80% keanekaragaman hayati berdiam di hutan. Deforestasi menyebabkan 12 hingga 18 persen emisi karbon dunia tidak terserap, dan nilai tersebut setara dengan emisi karbon dari transportasi di seluruh dunia. Hutan juga merupakan media sekuestrasi karbon yang utama. Selain ekosistem, populasi manusia terutama masyarakat adat di sekitar hutan sangat bergantung pada hasil hutan non-kayu untuk penghidupan mereka.
.
Kami memohon dengan hormat pemerintah menetapkan hutan suaka di Kabupaten Barito Selatan karena kerusakan alamnya sangat cepat dan tidak bisa dikontrol. Daerah ini memiliki luasan hutan dan rawa yang sangat besar namun tidak terjaga. Maka kami siap mendukung apabila pemerintah memang peduli dengan keselamatan alam dan kehidupan kami di daerah. Kami tunggu realisasinya.
.

42656-barsel2bpromoBarsel Promo Buntok

Alamat : Jalan Panglima Batur 7 Buntok, Kalimantan Tengah

Kontak / sms : Syamsuddin Rudiannoor (0813 4960 6504)

Info Anggrek / Satwa : Maidi (0852 4951 3880)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s