IBU PERTIWI, Lagu Wajib Bajakan untuk Indonesia(?)

LAGU IBU PERTIWI TERKENAL DI CHINA?
Hari ini Rabu tanggal 11 Maret 2015 sejak pukul 05.00 WIB pagi saya menyaksikan berita televisi dengan berganti-ganti chanel. Namun antara pukul 07.30 – 08.00 WIB tanpa sengaja saya terhenti pada chanel televisi asing Celestial Movies yang sedang menayangkan film drama Mandarin “TICKET”. Kenapa terhenti di sini? Karena film itu sedang menayangkan adegan yang ilustrasi orkestrasi musiknya adalah lagu nasional Indonesia “IBU PERTIWI”. Fikir saya, sungguh hebat lagu Nasional Indonesia terkenal sampai jauh ke negeri China?
.

Namun pertanyaan terbalik justru muncul kemudian. Pertanyaannya, apakah lagu Ibu Pertiwi adalah lagu asli Indonesia yang diambil dengan permisi atau dibajak oleh kreator film China untuk ilustrasi musiknya, atau justru sebaliknya? Kalau selama ini kain batik Indonesia yang dibajak China lalu batik China itu dijual murah di Indonesia, apakah urusan lagu kebangsaan ini juga kasusnya sama? Singkat kata, lagu ini memang asli buatan orang Indonesia atau bajakan orang Indonesia demi bangsanya? Kita jadi teringat dengan nasib Malaysia dengan lagu Rasa Sayange..!
.
Lagu Wajib Indonesia
Dikutip dari http: //id.wikipedia.org/wiki/Ibu_Pertiwi_lagu:  Ibu Pertiwi adalah lagu patriotik Indonesia populer yang walaupun seringkali diakukan bahwa ditulis oleh Ibu Sud, sebenarnya disusun dan ditulis oleh komposer yang tidak dikenal sekitar tahun 1950-an hingga 1960-an. Lirik lagu ini adalah tentang Ibu Pertiwi, personifikasi nasional dari Indonesia atau nusantara. Lagu ini biasanya dinyanyikan oleh anak-anak sekolah di Indonesia, dari Sekolah Dasar dan siswa Sekolah Menengah, atau dimainkan dalam orkes selama perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.
.
Lirik lagu ini adalah sebagai berikut:

.
Bait Pertama:

Kulihat ibu pertiwi
Sedang bersusah hati
Air matamu berlinang
Mas intanmu terkenang

      Hutan gunung sawah lautan

Simpanan kekayaan
Kini ibu sedang susah
Merintih dan berdoa

.
Bait Kedua:

Kulihat ibu pertiwi
Kami datang berbakti
Lihatlah putra-putrimu
Menggembirakan ibu

Ibu kami tetap cinta
Putramu yang setia
Menjaga harta pusaka
Untuk nusa dan bangsa
.
Kemiripan dengan lagu himne Kristen
Meskipun lirik lagu ini orisinal, musik dan melodi lagu ini entah bagaimana menyerupai himne Kristen What a Friend We Have in Jesus yang awalnya ditulis oleh penyair asal Irlandia Joseph M. Scriven sebagai puisi pada tahun 1855. Puisi itu sendiri kemudian dijadikan lirik lagu himne Kristen oleh Charles Crozat Converse, komponis lagu himne Kristen asal Amerika Serikat tahun 1868. Di Indonesia, lagu himne Kristen berbahasa Inggris ini diterjemahkan dan diberi judul Yesus Kawan Sejati atau Yesus Ada Sobat Kita dan dinyanyikan dalam bahasa Indonesia oleh pemeluk agama Protestan dalam acara-acara gereja Kristen di Indonesia. Ada kemungkinan bahwa sebelum tahun 1967 lagu yang sama ini diadopsi oleh seorang komposer lagu Ibu Pertiwi yang tidak diketahui.
.

Penutup
Kalau begini, apa mungkin lagu IBU PERTIWI dijadikan lagu nasional dan warisan bangsa? Buka mata, buka telinga, buka hati..? Atau.., tutup mata tutup telinga dan tutup hati..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s