BURUNG SABARU KEHILANGAN DANAU SABARU (SATWA PELIHARAAN 4)

SATWA SEMAKIN TERANCAM

Dikutip dari http://www.dishut.jabarprov.go.id/index.php?mod=detilBerita&idMenuKiri=334&idBerita=84: “Dari Kalimantan Tengah dilaporkan, kelestarian orangutan (Pongo Pygmaeus) juga terancam akibat primata yang dilindungi ini dianggap sebagai hama bagi pemilik perkebunan sawit dan ladang. Padahal orangutan itu dari dulu berdiam di sana sebelum menjadi kebun sawit atau perladangan”, kata Assistant Manager Communication Borneo Orangutan Survival Foundation, Mawas Conservation Program, Nina Nuraisyiah. Nina menuturkan, pihaknya sering mendapat telepon adanya orangutan yang tertangkap di areal pembukaan perkebunan sawit. Primata itu lalu diselamatkan dan di bawa ke Nyaru Menteng. Meski jarang laporan orangutan dikebun warga kadang juga ada.

.

SABARU KEHILANGAN DANAU SABARU

Selain orangutan, hewan yang dilindungi di Kalteng yang kini dilaporkan langka karena terusiknya habitat alaminya antara lain burung tingang atau enggang (Bucerotidae spp), sabaru /sejenis bangau tongtong (Leptoptilus javanicus) dan harimau dahan (Neofellis neobulusa).

.

Di kota Palangka Raya ada kelurahan Sabaru dan danau Sabaru namun burung sabarunya entah kemana? Masih adakah burung sabaru yang tersisa di alamnya nan bebas merdeka? Di kabupaten Barito Selatan yang seribu rawa, masih adakah bangau sabaru tersisa di alam bebas? Hanya para nelayan, pemancing, penyetrum dan tukang potas (racun ikan) yang bisa menjawabnya.

.

Disini sabaru yang tersisa hidup di dalam sangkar, tidak bisa berkembang biak dan keberadaannya hanyalah untuk menunggu datangnya kematian. Tidak bisakah kita menyisakan danau yang banyak ikannya untuk Sabaru dan satwa lainnya hidup wajar?

.

Barsel Promo Buntok

Alamat : Jalan Panglima Batur 7 Buntok, Kalimantan Tengah

Kontak / sms : Syamsuddin Rudiannoor (0813 4960 6504)

Info Anggrek / Satwa : Maidi (0852 4951 3880)

http://www.facebook.com/barito.selatan

http://barselpromo.blogspot.com/

https://rudiannoor.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s