SELAMATKAN MACAN DAHAN KALIMANTAN

Facebook hari ini Minggu 22 Februari 2015, status facebook  Zain Mutakhir: “… masih ada aja situa nangini di pedalaman kalteng daerah gunung bawo kabupaten barito selatan,amun jar urang manyambatnya SIMANG…alias macan dahan……”
.
'masih ada aja situa nangini di pedalaman kalteng daerah gunung bawo kabupaten barito selatan,amun jar urang manyambatnya SIMANG...alias macan dahan......'

Dari posting ini kembali menunjukkan bahwa kabupaten Barito Selatan masih menyimpan kawasan hutan yang kaya fauna di dalamnya.

.
Dari http: //id.wikipedia.org/ wiki/ Macan_dahan_ kalimantan: “Macan dahan kalimantan (Neofelis diardi) adalah kucing liar berukuran sedang yang ditemukan di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Pada tahun 2006, ia dijadikan sebagai spesies terpisah dari kerabat dekatnya Neofelis nebulosa.
.
Nama Bornean clouded leopard (macan dahan Kalimantan) diterbitkan oleh WWF pada 14 Maret 2007, mengutip Dr. Stephen O’Brien dari U.S. National Cancer Institute mengatakan, “Hasil kajian genetik jelas-jelas menunjukkan bahwa macan dahan Kalimantan harus dianggap sebagai spesies yang terpisah”. Dan tahun 2008 IUCN mengklasifikasikan spesies ini sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan, ukuran populasi efektif total diperkirakan kurang dari 10.000 individu dewasa, dan tren populasi yang menurun.
.
Kelangsungan hidup alamiah macan dahan Barito Selatan sekarang sangat dikhawatirkan karena hutan disekitar Gunung Bawo, kecamatan Gunung Bintang Awai sudah terhimpin lahan batu bara, perkampungan dan perusahaan lainnya.
.
Mohon pemerintah bertindak melakukan penyelamatan sekarang juga karena setiap harinya semakin banyak satwa yang tertangkap. Kami harap ada hutan suaka di kabupaten Barito Selatan sehingga kami bisa ikut menjaga flora dan fauna daerah kami di rumah asalnya. Tidak sulit pemerintah mengeluarkan SK hutan suaka, kami siap memperjuangkan lahannya. Disini masyarakat masih mudah mengkapling tanah.
.

Barsel Promo

BuntokAlamat : Jalan Panglima Batur 7 Buntok, Kalimantan Tengah
Kontak / sms : Syamsuddin Rudiannoor (0813 4960 6504)
Info Anggrek / Satwa : Maidi (0852 4951 3880)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s