MAHAUP BENANGIN MURIK, SANSULANG TAI MANSUH..

Kemarin Rabu 28 Januari 2015 benar-benar hari melimpahnya ikan kecil di tepian sungai Barito. Kondisi air yang meninggi dan hujan yang turun mempersembahkan hasil tangkapan ikan sangat banyak. Luar biasa. Ikan itu hanya dihargai Rp 5 ribu per ember.
.
Kayaknya istilah saluang murik atau ikan seluang mudik kurang tepat juga karena ikan yang paling melimpah adalah benangin. Ikan seluang memang banyak tertangkap tapi ikan benangin justru jauh sangat banyak. Ikan yang lain juga ada seperti Junu, anak baung dan anak lais. Tapi dominasi benangin tidak tertandingi sehingga istilah saluang murik mestinya diubah menjadi benangin murik.
.
Lokasi masyarakat menangkap ikan hari ini (Kamis, 29 Januari 2015) adalah Tane Runtun / Jalan Karau dan beberapa tepian sungai Barito lainnya. Inilah berkah temporer yang didapat masyarakat tatkala terjadinya perubahan musim dan naik turunnya paras air.
.
Ketika benangin mudik membawa berkah…, apakah sampah dan tahi manusia yang milir juga membawa berkah…? Perlu perhatian agar ampah manusia dan ampah alam tidak sampai merusak kehidupan ini.
.
Barsel Promo Buntok

Alamat : Jalan Panglima Batur 7 Buntok, Kalimantan Tengah

Kontak / sms : Syamsuddin Rudiannoor (0813 4960 6504)
Info Anggrek : Maidi (0852 4951 3880)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s