BISAKAH KANTONG SEMAR DISELAMATKAN

Nepenthes tumbuhan tak berguna
Pada dasarnya tumbuhan kantong Semar sangat banyak di Kalimantan Tengah, merata di semua kabupaten. Bagi sebagian orang tumbuhan liar ini dianggap langka dan harus dilindungi. Namun bagi rakyat disini kantong semar adalah tumbuhan tidak berguna, dianggap semak dan tidak bernilai sama sekali.
.
Disepanjang jalan poros Buntok – Palangka Raya masih sangat banyak tumbuh kantong Semar di kiri-kanan jalan. Begitu juga antara Sanggu – Sababilah – Tamiang Layang atau Buntok – Sababilah – Tabak Kanilan / Bundar, kantong Semar tersebar disana-sini. Tapi ironisnya, dia adalah semak sehingga setiap saat ditebas, dibakar dan tanpa manfaat apa pun.
.
BISAKAH DISELAMATKAN?
Kantong Semar (Nepenthes spp.); Sedikitnya 4 spesies kantong semar yaitu: Nepenthes aristolochioides, Nepenthes dubia, Nepenthes lavicola (Sumatera) dan Nepenthes clipeata (Kalimantan) dengan status Critically Endangered (Kritis).

.

Daftar tanaman langka Indonesia yang masuk dalam daftar status konservasi Endangered (Terancam Punah), salah satunya Nepenthes Sp (Kantong Semar). Terdapat 3 spesies kantong semar (Nepenthes) yang tergolong tanaman langka dengan status Endangered (Terancam), yaitu: Nepenthes boschiana, Nepenthes pilosa, dan Nepenthes talangensis.
.
Status tersebut tidak berguna di lapangan karena masyarakat tidak tahu. Pemerintah juga tidak ada tindakan nyata untuk menyelamatkan lahannya yang sangat luas di Kalimantan Tengah. Untuk itulah BARSEL PROMO Buntok mulai berusaha mencari lahan untuk menyelamatkan tanaman ini. Paling tidak kami berusaha menyelamatkan mata pencaharian kami dari alam yaitu anggrek, paku, semak kelakai / lambiding, kulat / jamur hutan dan putri malu air, yang dengan itu tentu terikut pula kantong Semar di dalamnya.
.
Alangkah indahnya kalau Pemerintah menetapkan hutan lindung atau suaka alam di kabupaten Barito Selatan dan kami bisa ikut memanfaatkan kawasan tersebut untuk mendukung usaha kami. Kami ingin alam ini lestari karena disanalah sumber utama usaha kami.
.
Barsel Promo :  Syamsuddin Rudiannoor (0813 4960 6504)    Info Anggrek : Maidi (0852 4951 3880)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s