Anggrek Meteor khas Desa Sanggu

2014-10-27 16.29.00Anggrek Meteor

Nama Latin anggrek Meteor adalah Coelogyne foerstermannii Rchb.f. Tanaman ini tumbuh efipit pada pohon-pohon yang tinggi. Memiliki Pseudobulb yang keras dan bentuknya seperti buah belimbing, rhizome berwarna gelap (± 11 cm ), sempit berbentuk silinder, jumlah daun 2 helai, kaku dengan ukuran panjang 50 cm. Tangkai bunga tumbuh ke atas dan di tutupi oleh kelopak, panjang tangkai bunga 18-24 cm. Berisi 15 kuntum bunga yang harum dan mekar bersamaan. Diameter kuntum bunga 8 cm, warna putih, labelum berwarna kuning di tengah dan berlekuk 3. (http://pausan88.wordpress.com/2010/06/25/hasil-penelitian)

.

2014-12-06 12.51.19Anggrek Endemik Barito Selatan

Bagi masyarakat kabupaten Barito Selatan, keberadaan anggrek di alam sekitar pemukiman merupakan hal biasa. Begitulah juga bagi masyarakat desa Sanggu dan sekitarnya seperti Sababilah, Lijuk, Rikut Jawo, anggrek adalah ciri dari masyarakat yang akrab dengan alam. Nyaris semua rumah terdapat tanaman anggrek, baik yang tumbuh alami maupun yang dipelihara sebagai akibat tempat tumbuhnya telah beralih fungsi. Yang pasti disekitar desa Sanggu adalah habitat asli dari anggrek hitam, anggrek pensil, anggrek mutiara, anggrek meteor, juga tumbuhan Pasak Bumi dan hamparan luas Nephentes atau kantong Semar.
.
2014-12-06 12.52.21Masih kurangnya kawasan khusus sebagai tempat pelestarian merupakan tantangan nyata dewasa ini. Oleh sebab itu maka diharapkan Pemerintah Daerah bersama-sama dengan masyarakat menyediakan lahan asli bagi tumbuh kembang alamiah anggrek endemik yang ada selama ini karena sudah sangat banyak anggrek yang diambil dan dibawa ke luar daerah. Kapan kita punya hutan anggrek khusus di Buntok dan sekitarnya..?
.
Saat ini anggrek Meteor sedang berbunga di Sanggu. Tapi bisakah orang yang tertarik tinggal menuju ke lokasi alami dari anggrek Meteor yang merupakan anggrek endemik hutan Sanggu dan sekitarnya ini..?
.

By Syamsuddin Rudiannoor, Barsel Promo Buntok, Hp 0813 4960 6504       Divisi Anggrek : Maidi, CV. Nilam Orchid, Jalan Keladan Nomor 47 Buntok, kontak / sms 0852 4951 3880.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s