Abon Ikan Busuk “BABUTUK” Ternyata Masih Diproduksi

11513-dsc00681Saya SYAMSUDDIN RUDIANNOOR, S. Sos (0813 4960 6504), ketua Kelompok Usaha dan Pemasaran Bersama “BARSEL PROMO” Buntok. Barangkali pembaca masih ingat tulisan saya “BABUTUK, Abon Basah Ikan Busuk”, yang diposting TRIBUNnews.com – Selasa, 14 Juni 2011 dan http://www.disbudpar.baritoselatankab.go.id/2012/04/17/babutuk-abon-basah-ikan-busuk/17 April 2012
.

Semalam (Sabtu, 13 Des 2014) Tim Pemburu Anggrek Barsel Promo datang ke rumah pukul 20.30 WIB. Mereka baru tiba dari hutan desa Batapah (wilayah Kapuas) dengan membawa hasil anggrek kipas, anggrek coklat dan beberapa satwa yang dibeli dari masyarakat. Inilah pekerjaan tetap anggota yang menangani anggrek yaitu mencari ke hutan, membeli dari masyarakat, menangkarkan dan menjualnya. Pekerjaan ini terus berlangsung. Malah dalam 3 bulan terakhir intensitas masuk hutan terjadi sangat sering, sehari di rumah dua hari di hutan. Baru seminggu lalu kami mengirim paket anggrek hasil tangkaran ke Bali via bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.
.

2014-10-16 11.53.18Bagian dari pembicaraan semalam adalah “BABUTUK: abon ikan busuk” yang sebelumnya dianggap punah ternyata masih ada di Barito Selatan. Istri anggota kami dan ibunya masih membuat babutuk mengingat terus ada ikan “bangai” yang mati akibat perubahan air. Dengan demikian dugaan babutuk sudah punah ternyata meleset.
.

ikan-mati-629x419Jika nanti ikan bangai alias mati mengapung di sungai terjadi lagi dan jumlahnya cukup maka anggota kami akan mengolahnya menjadi babutuk dan siap diperkenalkan kembali kepada masyarakat. Produk ini merupakan sebagian dari kearifan lokal masyarakat yang mendiami pantai Barito dan anak-anak sungainya.
.
Barsel Promo Buntok, kontak 0813 4960 6504

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s