ANGGREK BARITO SELATAN TERANCAM KEBAKARAN

Kami kelompok usaha bersama BARSEL PROMO Buntok sangat berduka cita atas terjadinya musibah rutin tahunan kebakaran hutan, semak dan lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.
Sungguh sangat menyedihkan bahwa kebakaran itu terjadi sejak bulan Agustus, September bahkan semakin parah memasuki Oktober 2014. Konon Buntok yang biasanya relatif lebih bersih dari asap dan pembakaran lahan, justru tahun ini termasuk yang terparah kejadiannya. Buktinya sekolah yang sebelumnya tidak pernah libur malah diliburkan akibat musibah lingkungan ini. Otomatis kualitas kesehatan masyarakat menurun tajam dan penyakit ISPA menjadi-jadi penyebarannya.
Atas keprihatinan ini maka kami Barsel Promo mencoba berjalan-jalan memperhatikan dampak lingkungan akibat kebakaran yang terjadi. Kami pun mengabaikan kabut asap yang menyesakkan dada dan memutuskan untuk menelusuri ruas jalan Buntok – Palangka Raya. Dan tampaklah di kiri-kanan jalan adanya bekas-bekas hutan dan lahan yang telah dilalap api.
Sangat sedih hati menyaksikan akibat bencana ini sebab di sepanjang jalan Buntok – Palangka Raya pada dasarnya adalah hutan dan semak yang kaya akan tumbuhan anggrek alam dan kantong Semar (nephenthes). Belum lagi kawasan ini merupakan habitat alami satwa liar seperti kera, orang utan, biawak, trenggiling, aneka jenis ular dan burung-burung endemik Kalimantan.
Kami pun masuk ke hutan dan semak yang masih selamat dari kebakaran meski pun bagian depannya sudah hangus dimakan api. Apa yang didapati? Alhamdulillah masih ada beraneka kantong Semar dan anggrek yang tetap hidup walau pun keadaannya agak layu akibat panasnya udara dari kebakaran yang telah terjadi.
Kami berharap agar pemerintah daerah mau menyisakan hutan alam yang ada di sepanjang jalan Buntok – Palangka guna dijadikan hutan lindung atau arboretum karena di daerah ini memang habitat asli tanaman langka asli Kalimantan. Mudah-mudahan himbauan ini di dengar oleh yang berkuasa atas hutan, alam dan lingkungan hidup kami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s