BULAN KEDUA BARSEL PROMO PASARKAN OLEH-OLEH KHAS BARSEL

 

Tepat 20 April 2014 yang lalu Barsel Promo memasuki dua bulan memasarkan oleh-oleh khas Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah. Produk yang dijual tetap makanan ringan jenis camilan buatan Buntok dan buku-buku kedaerahan karya Syamsuddin Rudiannoor.
Namun pada hari Rabu siang tanggal 23 April 2014 kami mendapat kabar darurat dari Kuala Kapuas bahwa ayah kandung Syamsuddin Rudiannoor yaitu Haji Abdul Gani bin Mamat Katoe kritis dan meninggal dunia mendadak. Beliau meninggal sekitar pukul 13.40 WIB tatkala disuapi makan siang lalu tersedak…, dan tidak sampai lima menit kemudian, sudah pergi dipanggil oleh Yang Maha Kuasa Allah Ta’ala. Inna lillahi wa inna ilaihi ro’jiun. Ayahanda Abdul Gani yang lahir di Kuala Kapuas pada 12 Desember 1934 wafat dalam usia mendekati 80 tahun. Selamat jalan abah.

Dampak kejadian tak terduga ini maka kami berangkat ke Kuala Kapuas hari itu juga. Barsel Promo ditinggalkan sampai akhirnya usaha terpaksa ditutup sepuluh hari lamanya. Dan tutupnya toko Barsel Promo juga tidak lepas akibat lantai ruang usaha yang perlu direhab karena lapuk. Dengan demikian usaha dipaksa lagi untuk prei jualan selama beberapa hari.

Alhamdulillah mulai hari Rabu tanggal 7 Mei 2014 toko Barsel Promo kembali memasarkan produk oleh-olehnya berupa keripik paku, keripik lambiding, keripik sasupan danum (putri malu air), keripik ikan lais, stik stik nanas, stik paku, stik ikan, stik lancar kujang dan stik sayuran. Semua produk masih mengandalkan buatan koki kampung Syamsuddin Rudiannoor.

Oleh-oleh khas Barito Selatan lain karya Syamsuddin Rudiannoor adalah 5 judul buku terbitan Barito Raya Pro yaitu Nan Sarunai Usak Jawa (Sejarah), Gigir Gampar Barito Raya (sejarah), Liang Saragi, Semuanya karena Cinta (legenda), Punakawan dalam Satire Dayak Besar (wayang Buntok) dan Seks Bebas, Porno-aksi dan Ulama Birahi.

Semoga dengan semakin bergantinya hari dan bulan maka mutu produk yang dipasarkan juga akan semakin terus membaik dan dapat diandalkan sebagai oleh-oleh khas Kabupaten Barito Selatan dan Provinsi Kalimantan Tengah, amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s