HUNTING ANGGREK DI KAWASAN GUNUNG BINTANG AWAI (2)

HUNTING KEDUA

Hari sabtu, minggu dan senin tanggal 5-7 April 2014 diadakan lagi perjalanan berburu anggrek endemik di hutan alam Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Perjalanan tetap dimulai dari Buntok ibukota kabupaten Barito Selatan menuju wilayah kecamatan Gunung Bintang Awai tepatnya Luir melalui jalan perusahaan PT Mitra Tambang Utama (MTU) dan lanjut sampai ke Dukuh Toang.

.
Perjalanan tetap off road dengan sepeda motor dan menempuh jarak sekitar 78 km dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam. Perjelajahan ke daerah ini lebih menantang dari perjalanan sebelumnya karena jalan setapak yang dijalani sangat jarang dilalui serta lebih bertebing dan licin. Adapun wilayah jelajah perjalanan ini adalah Dukuh Toang, Sungai Uyah dan Senango.

.

ANGGREK BARITO SELATAN

Maidi Al Harits dan tim yang terdiri dari Fernando dan Miske warga lokal, serta didampingi juga oleh Bapak Kepala Dukuh Toang dan beberapa anggota lainnya, berhasil mengidentifikasi berbagai anggrek alam yang masih cukup banyak di alam liar seperti Coelogyne Asperata, Calanthe Vestista, Spatoelottis Aplicata dan Dendrobium Aff Crocathum dan anggrek tanah tinggi lainnya.

Dalam hunting kali ini juga ditemukan bunga bangkai yang sudah tidak mekar lagi. Disamping itu masih didapati juga tumbuhan dari jenis keladi raksasa, pisang hutan dan flora serta fauna asli Kalimantan yang lain.

Kawasan Gunung Bawo adalah wilayah tempat tinggal penduduk asli kabupaten Barito Selatan dari suku Bawo sehingga disamping memiliki hutan alam asli, fauna endemik, juga masih memiliki masyarakat asli yang perlu perhatian khusus dari Pemerintah.

Bagi yang ingin menggali informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami Barsel Promo 0813 4960 6504 atau Maidi di nomor 0852 4951 3880.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s