PRINSIP PRAKTIS FARDHU KIFAYAH AS-SUNNAH BUNTOK (5)

 

Apa yang harus dikerjakan sejak Kematian hingga Pemakamannya:
.

1. Mengumumkan Kematiannya

Kematian seorang Muslim disunnahkan diumumkan kepada keluarganya, teman-temanya dan orang-orang shalih di daerahnya agar mereka menghadiri jenazahnya. Ketika An Najasyi meninggal dunia, Rasulullah SAW mengumumkannya seperti disebutkan dalam hadits shahih. Beliau juga mengumumkan syahid-nya Zaid, Ja’far dan Abdullah bin Rawahah.
.
Pengumum yang dilarang ialah pengumuman di jalan-jalan dan di masjid-masjid dengan suara tinggi dan teriakan-teriakan keras karena hal itu dilarang Syariat.
.

2.      Tidak Boleh Meratapi Mayit dan Dibolehkan Menangis
Meratap di sisi mayit diharamkan berdasarkan sabda-sabda Rasulullah SAW berikut :
.
“Sesungguhnya mayit tersiksa karena tangisan orang-orang yang masih hidup”. (HR Bukhari).
.
“Barang siapa diratapi, ia disiksa karena diratapi itu”. (HRMuslim).
.
Rasulullah SAW membai’at para wanita untuk tidak meratap. Ini dikatakan oleh Ummu Athiyyah RA seperti disebutkan dalam hadits shahih.
.
Sabda Rasulullah SAW : “Sesungguhnya Aku berlepas tangan dari wanita yang berteriak-teriak ketika mendapatkan musibah, wanita yang mencukur rambutnya ketika mendapatkan musibah dan wanita yang merobek-robek kainnya ketika mendapatkan musibah.” (HR Bukhari).
.
Adapun menangis maka diperbolehkan karena Rasulullah SAW bersabda ketika anaknya Ibrahim meninggal dunia: “Sesungguhnya mata mengeluarkan air mata, hati sedih, kita tidak berkata kecuali apa yang diridhai Tuhan kita, dan kita semua sangat sedih dengan kematianmu, hai Ibrahim.” (HR Bukhari).
.
Rasulullah SAW menangis karena kematian Umamah cucunya dari Zainab. Ditanya kepada beliau: “Wahai Rasulullah, engkau menangis? Bukankah engkau pernah melarang kami menangis?”  Rasulullah SAW bersabda: “Ini kasih sayang yang dimasukkan Allah ke hati hamba-hamba-Nya, dan sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang.” (HR Bukhari).
.

 Bersambung . . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s