PASUKAN TERORIS SEKUTU (AL AHZAB) DISERANG PELAJAR AFGHANISTAN (TALIBAN)

Antara/Reuters

.

KANDAHAR, AFGHANISTAN – Gerobolan Pengacau Keamanan (GPK) dari Barat bernama NATO kembali tak bisa tidur tenang di negeri jajahannya. Sekelompok Pelajar Afghanistan “Taliban” kembali membuat mereka gupuh ketakutan.

.

Sekelompok kecil Thalib atau pelajar melancarkan serangan besar terhadap pangkalan  NATO di bandara Afghanistan. Dalam aksi itu para pelajar menggunakan bom mobil bunuh diri, granat-granat berpelontar roket, mortir-mortir dan tembakan senjata ringan. Dan Taliban mengklaim memasuki bandara Jalalabad, dekat perbatasan timur dengan Pakistan, tetapi dibantah Geng Keamanan Intenasional (ISAF) yang berada di bawah komando murtadin NATO.

.

Kompleks bandara itu memiliki keamanan berlapis. Pangkalan NATO terletak di belakang pintu masuk pertama, yang menurut seorang Afganistan telah diterobos. Tidak ada laporan-laporan awal mengenai korban ISAF tetapi seorang anggota pasukan keamanan Afghanistan dilaporkan tewas dan seorang lainnya cedera, kata juru bicara itu.

.

Seorang pejabat keamanan Afghanistan mengemukakan ia melihat lima orang tewas dalam seragam tentara Afghanistan, tetapi tidak jelas apakah mereka tentara atau para para penyerang Taliban. Taliban mengatakan para petempur mereka telah memasuki bandara itu, dan seorang pejabat pemerintah Afghanistan mengonfirmasi bahwa bentrokan senjata terjadi di kompleks bandara itu.

“Pertama seorang pembom bunuh diri… meledakkan satu bom mobil yang menyebabkan musuh mengalami banyak korban dan hilang dan menyingkirkan semua barikade,” kata Taliban di laman mereka.

“Setelah serangan itu seorang gerilyawan lainnya memasuki pangkalan itu dan mulai menyerang pasukan pendudukan di pangkalan itu.”

Seorang petugas jaga mengatakan bahwa setelah satu ledakan kuat sebelumnya menghantam bandara itu dan ditembaki dengan granat-granat berpeluncur roket dan senjata-senjata ringan.

.

Taliban melakukan perlawanaan selama 11 tahun terhadap pemerintah boneka Barat Afghanistan, yang didukung 100.000 tentara NATO. Perlawanan dilakukan sejak pemerintah Taliban digulingkan pasukan pimpinan AS karena menampung pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden.

(Antara/AFP/sae)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s