MASJID AS-SUNNAH BUNTOK

 

Masjid As-Sunnah Buntok terletak di jalan Pembangunan, sebelah jembatan sungai Parajaman. Masjid ini dibangun atas inisiatif beberapa orang sejak persiapan kepanitian pada April 2008, tahap I pembangunan fisik bangunan bulan Oktober 2008 – Januari 2009 dan mulai dipakai sholat lima waktu pada pertengahan 2009. Dalam bulan Juli – Agustus 2009 ruang masjid dipasangi dinding marmar dan pendingin ruangan sehingga bulan ramadhan tahun 2009 yang jatuh minggu terakhir Agustus, kegiatan peribadatan dilakukan diantara pengerjaan bangunan.

 

Meskipun awalnya masjid belum direncanakan untuk dipakai sholat Jum’at namun karena ruang bawah tanah (basement) dianggap layak difungsikan sepenuhnya maka diambillah kesepakatan bahwa sejak mendekati ramadhan 2009 masjid As-Sunnah resmi dipakai fardhu Jum’at.

 

Dengan dipakainya masjid As-Sunnah sebagai tempat peribadatan maka masjid ini merupakan masjid pertama di Buntok, bahkan juga di Kalimantan Tengah dan Kalimantan sebagai masjid yang memanfaatkan ruang bawah tanah (bunker) sebagai tempat ibadah.

Disamping menjadi masjid pertama memiliki ruang ibadah bawah tanah, masjid As-Sunnah Buntok tercaatat juga sebagai masjid pertama yang memakai pendingin ruangan (AC). Dengan demikian masjid As-Sunnah tergolong masjid dengan konsep moderen namun memperjuangkan tegaknnya Sunnah berdasarkan dalil dan hujjah.

Saat ini pembangunan tahap II berupa pengerjaan ruang utama sedang giat dilakukan. Semoga kegiatan berjalan baik dan lancar. Maka sekiranya pembangunan fisik berjalan lancar, mudah-mudahan masjid ini dapat dikelola berdasarkan tuntunan sunnah. Kiranya hanya kepada Allah segala urusan dikembalikan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s